SEO Specialist adalah titel untuk orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan optimasi terhadap suatu website agar mendapat peringkat tertinggi di mesin pencari.

SEO Specialist merupakan salah satu pekerjaan yang sangat diminati, khususnya di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari banyaknya perusahaan yang mulai merambah dunia digital, baik untuk sekedar meningkatkan awareness, melakukan transaksi, hingga melakukan kegiatan operasional.

Maka tak heran bila kini banyak perusahaan yang mulai pasang lowongan kerja untuk posisi SEO Specialist.

Di artikel ini, kamu akan mengetahui sekilas tentang cara kerja SEO, apa itu SEO Specialist, kualifikasi apa saja yang harus SEO Specialist miliki, serta cara untuk mencari atau memasang lowongan SEO Specialist.

Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk mengetahui lebih dalam tentang job description hingga cara pasang lowongan kerja posisi SEO Specialist, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang SEO.

Kamu tentunya sudah mengetahui cara menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lain-lain. Namun, tahukah kamu bagaimana sebuah website bisa muncul di halaman pertama? Caranya adalah dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization).

Mesin pencari memiliki algoritma tertentu yang mampu menganalisa kegiatan individu dalam suatu website. Melalui algoritma ini, mesin pencari bisa menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh suatu website agar bisa muncul di halaman pertama.

Salah satu syarat yang paling populer adalah dengan memasukkan keyword tertentu di dalam website. Meski begitu, syarat tersebut bisa berubah sewaktu-waktu hingga menjadi tidak efektif di masa mendatang.

Maka dari itu, praktisi SEO harus tetap update terhadap perubahan logaritma SEO secara berkala agar website yang dikelola tetap ada di peringkat pertama.

Bagaimana Job Description SEO Specialist?

Saat ini kamu sudah mengetahui apa itu SEO. Lantas, bagaimana tepatnya tanggung jawab SEO Specialist?

Job description dari SEO Specialist adalah mengalirkan sebanyak mungkin pengunjung ke suatu website dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah tanggung jawab seorang SEO Specialist:

  • Memantau perkembangan tren pasar, tren industri SEO serta perkembangan algoritma mesin pencari.
  • Mempelajari berbagai tools SEO agar menemukan cara yang paling efektif untuk melakukan optimasi.
  • Melakukan riset mengenai target website, kompetitor, kata kunci yang efektif untuk SEO, dan perihal lainnya yang terkait dengan kebutuhan perusahaan.
  • Menyusun strategi SEO yang efektif demi mewujudkan tujuan perusahaan serta memastikan proses implementasi SEO pada website dan media lainnya berjalan dengan baik.
  • Membuat laporan dan menganalisis praktik penerapan SEO yang sudah dilakukan untuk memastikan apakah tujuan perusahaan sudah tercapai.
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi kepada tim-tim terkait apabila terdapat perubahan terhadap algoritma maupun strategi SEO.

Dari penjelasan tersebut, terlihat bahwa profesi SEO Specialist merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian tinggi dan mempelajari kualifikasi SEO Specialist merupakan investasi jangka panjang. Sehingga, pastikan Anda mencantumkan kualifikasi yang tepat saat pasang lowongan kerja untuk posisi tersebut.

Kualifikasi yang Harus Dimiliki SEO Specialist

Pasang Lowongan Kerja SEO Specialist dan Ketahui Kualifikasinya-Kandidat
Photo by Merakist on Unsplash

Ada beberapa skill yang harus SEO Specialist miliki agar dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Jika kamu ingin menjadi SEO Specialist, berikut adalah kemampuan yang harus kamu asah dan miliki.

1. Daya Observasi, Riset dan Berpikir Kritis

SEO Specialist bertugas untuk mengoleksi data, memahami pola penggunaan internet, dan melakukan pembaharuan strategi apabila perlu. Hal ini memerlukan daya observasi yang kuat dan konsisten, serta kemampuan melakukan riset pasar dengan efisien.

Selain itu, kamu juga perlu menajamkan kemampuan berpikir kritis agar bisa menentukan strategi yang tepat untuk peningkatan performa website perusahaan.

2. Skill Komunikasi

Tugas seorang SEO Specialist tidak berhenti di penyusunan strategi semata, namun juga mengkomunikasikannya ke pihak-pihak terkait, misalnya tim desainer grafis, tim UX/UI atau bahkan atasan .

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara yang efektif untuk menyampaikan strategi tersebut sehingga bisa diterima oleh seluruh pihak.

3. Ilmu Marketing

Meski dipraktikkan di dunia digital, SEO tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dengan ilmu marketing pada umumnya. Ini karena pada dasarnya, tujuan SEO adalah untuk menjual produk atau jasa perusahaan.

Maka dari itu, penting bagi seorang SEO Specialist untuk memahami ilmu marketing, termasuk aspek psikologis target pasar, kebiasaan customer hingga cara membuat konten yang menarik.

Selain itu, SEO Specialist juga wajib memiliki pengetahuan tinggi terhadap visi dan misi perusahaan, serta produk dan jasa yang ditawarkan.

4. Kemampuan Beradaptasi dan Keinginan untuk Terus Belajar

Dunia digital merupakan lingkungan yang sangat dinamis, sehingga perubahan bisa menjadi ‘makanan sehari-hari’ bagi seorang SEO Specialist.

Jika kamu tertarik untuk memiliki profesi di bidang ini, maka beradaptasi terhadap perubahan merupakan salah satu skill yang harus kamu asah.

Selain itu, kamu juga harus siap menyingkirkan rasa enggan mempelajari hal baru, karena skill tersebut merupakan salah satu senjata untuk menekuni dunia SEO.

5. Memahami SEO dan SEO Tools

Kemampuan lain yang tidak kalah penting untuk kamu kuasai adalah memahami SEO, cara kerjanya, serta tools yang kerap terpakai dalam melakukan optimasi website.

Contoh tools SEO adalah Google Analytics, Google Search Console, dan lain-lain.

6. Memiliki Kualifikasi Akademik yang Sesuai

Saat ini, Indonesia belum memiliki jurusan yang spesifik untuk bisa menjadi seorang SEO Specialist.

Meski begitu, jika kamu ingin mendalami dunia SEO, memiliki latar belakang akademis yang berkaitan dengan IT atau Programming bisa menjadi poin plus. Selain itu, kamu yang memiliki latar belakang marketing, bisnis atau ekonomi juga memiliki peluang yang cukup besar.

Namun, kamu yang tidak memiliki background ilmu tersebut tidak usah berkecil hati, karena saat ini sudah banyak kursus SEO yang siap mengajak kamu menyelami dunia SEO.

Pentingnya Melakukan SEO Bagi Perusahaan

Pasang Lowongan Kerja SEO Specialist dan Ketahui Kualifikasinya-Kandidat
Photo by Kaleidico on Unsplash

Meski saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai akrab dengan dunia digital, tidak sedikit pula yang belum mengerti apa pentingnya SEO bagi perusahaan.

Poin-poin berikut bisa menunjukkan betapa signifikan pengaruh SEO di level perusahaan, sehingga seringkali menjadi acuan penting saat pasang lowongan kerja untuk posisi ini, sekaligus memperkuat motivasi kamu dalam menekuni bidang SEO.

1. Menguatkan Branding dan Membangun Kredibilitas Perusahaan

Tujuan utama penerapan SEO adalah untuk membangun website yang tidak hanya menarik secara visual, namun juga mudah ditemukan dan dapat memberikan solusi bagi kebutuhan pengunjung.

Dengan aplikasi kaidah SEO yang tepat pada website, menguatkan branding serta kredibilitas perusahaan bukanlah hal yang sulit.

2. Mampu Meningkatkan Transaksi

Setelah menguatkan branding dan perusahaan, penerapan kaidah SEO yang sesuai juga bisa meningkatkan potensi meningkatkan jumlah transaksi.

Penelitian membuktikan bahwa kualitas dan reputasi website memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap tingkat pembelian.

3. Lebih Mengerti Kebutuhan Customer

Website merupakan salah satu media yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan data demi mendengarkan keinginan pengunjung.

Hal ini karena salah satu cara untuk menerapkan SEO yang efektif adalah dengan mengetahui tujuan serta meningkatkan frekuensi interaksi dengan pengunjung.

Dengan cara ini, perusahaan bisa mengolah data tersebut dan melakukan upaya evaluasi agar tetap bisa menyediakan kebutuhan pengunjung dengan baik.

4. Strategi Promosi Jangka Panjang yang Murah dan Efektif

Seorang SEO Specialist bertugas untuk memastikan bahwa website perusahaan berada di halaman teratas mesin pencari.

Selain itu, teknologi dan kaidah SEO yang terus mengalami perubahan juga memungkinkan SEO Specialist untuk terus memanfaatkan cara dan media baru, sehingga konten website perusahaan bisa tetap relevan.

Hal ini membuat website menjadi sarana promosi dan branding yang terbilang murah, karena perusahaan tidak perlu membayar agar bisa bertahan di page 1.

5. Memiliki Basis Data

Data is the new gold. Begitulah ungkapan yang semakin populer seiring dengan berkembangnya era digital.

Memiliki website sendiri memungkinkan perusahaan memiliki gambaran akan target pasar, sekaligus memberi informasi terhadap perubahan yang terjadi secara real-time.

SEO Specialist bisa mengoptimalkan berbagai tools untuk mengetahui lebih dalam mengenai intensi pengunjung. Hal ini bisa membantu perusahaan mengoptimalkan produk dan jasa yang ditawarkan agar tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Pasang dan Temukan Lowongan SEO Specialist dengan Mudah di KANDIDAT

Apakah kamu hendak mencari SEO Specialist untuk perusahaan dan ingin pasang lowongan kerja?

Atau justru kamu sedang mencari lowongan SEO Specialist yang tersedia?

Jangan khawatir, karena solusi dari kedua kebutuhan tersebut kami sediakan dalam aplikasi KANDIDAT.

KANDIDAT merupakan aplikasi yang menjembatani penyedia kerja agar bisa lebih mudah mencari pelamar kerja yang sesuai dengan kualifikasi.

Di KANDIDAT, pelamar kerja bisa melakukan input data dan dokumen melamar pekerjaan secara otomatis. Ini tentunya akan memudahkan kamu yang kerepotan mengunggah banyak dokumen setiap kali hendak melamar pekerjaan.

Selain itu, kami juga menyediakan jasa verifikasi secara tatap muka di kota-kota yang terdekat dari lokasi pelamar kerja. Dengan ini, kamu tidak perlu mengunjungi lokasi wawancara yang jauh untuk verifikasi. Selain hemat waktu, kamu juga bisa hemat biaya transportasi.

Jasa ini bisa kamu nikmati hanya dengan mengikuti keanggotaan KANDIDAT.

Sedangkan untuk pemberi kerja, kami akan membantu melakukan verifikasi terhadap keabsahan data sang pelamar kerja.

Selain itu, kami juga menyediakan psikotes dan beberapa tes dasar seperti kemampuan komputer, bahasa dan kesehatan mata secara cuma-cuma.

Hal ini kami lakukan demi membantu memangkas waktu dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Untuk mulai menikmati layanan KANDIDAT, kamu bisa mengunduh aplikasi KANDIDAT di App Store (iOS) atau Play Store (Android) tanpa biaya apapun.

Untuk mengetahui lebih detil tentang KANDIDAT, kamu bisa ikuti akun Facebook atau Instagram kami.

Kesimpulan

Melakukan SEO merupakan salah satu upaya penguatan branding dan peningkatan kredibilitas yang sudah terbukti efektif untuk meningkatkan transaksi. Upaya ini merupakan strategi memikat perhatian customer yang tidak hanya bersifat jangka panjang namun juga murah.

Terlebih di era digital yang perkembangannya sangat dinamis dan pesat seperti saat ini, tentunya perusahaan ingin tetap menjadi brand yang relevan dan tidak kalah dari kencangnya arus persaingan.

Maka dari itu, pasang lowongan kerja untuk mencari sosok SEO Specialist yang handal, profesional dan memiliki kualifikasi yang mumpuni merupakan investasi yang sangat tepat.

Proses pencariannya pun mudah. KANDIDAT siap membantu kamu mencari SEO Specialist yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Segala proses verifikasi dan tes awal pun akan kami sediakan, sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan bisa lebih fokus dengan pekerjaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi KANDIDAT dan daftarkan perusahaan Anda untuk mencari pelamar kerja yang hebat!

Baca Juga: 11 Cara Menemukan Karyawan Terbaik Saat Rekrutmen Karyawan

1. Bagaimana Job Description SEO Specialist?

Job description dari SEO Specialist adalah mengalirkan sebanyak mungkin pengunjung ke suatu website dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari.

2. Apa Kualifikasi yang Harus Dimiliki SEO Specialist ?
Ada 6 kualifikasi yang harus dimiliki, yaitu :
1. Daya Observasi, Riset dan Berpikir Kritis
2. Skill Komunikasi
3. Ilmu Marketing
4. Kemampuan Beradaptasi dan Keinginan untuk Terus Belajar
5. Memahami SEO dan SEO Tools
6. Memiliki Kualifikasi Akademik yang Sesuai

3. Bagaimana Tanggung Jawab Seorang SEO Specialist?
Ada 6 Tanggung Jawab Seorang SEO, Yaitu :
1.  Memantau perkembangan tren pasar, tren industri SEO serta perkembangan algoritma mesin pencari.
2. Mempelajari berbagai tools SEO agar menemukan cara yang paling efektif untuk melakukan optimasi.
3.  Melakukan riset mengenai target website, kompetitor, kata kunci yang efektif untuk SEO, dan perihal lainnya yang terkait dengan kebutuhan perusahaan.
4.  Menyusun strategi SEO yang efektif demi mewujudkan tujuan perusahaan serta memastikan proses implementasi SEO pada website dan media lainnya berjalan dengan baik.
5. Membuat laporan dan menganalisis praktik penerapan SEO yang sudah dilakukan untuk memastikan apakah tujuan perusahaan sudah tercapai.
6. Melakukan komunikasi dan koordinasi kepada tim-tim terkait apabila terdapat perubahan terhadap algoritma maupun strategi SEO.


editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.