Dewasa ini, banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan lowongan kerja. Kamu bisa membuat iklan di media cetak, media elektronik, media internet hingga iklan outdoor.

Iklan memiliki peran yang sangat penting dalam proses rekrutmen.

Tujuan pembuatan iklan yang bagus tentu saja untuk menarik hati sebanyak mungkin kandidat potensial serta menyaring calon pekerja yang tidak memenuhi kualifikasi.

Karena itu, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan iklan lowongan kerja.

Salah satu metode untuk membuat iklan lamaran pekerjaan adalah dengan menggunakan iklan baris.

Iklan baris merupakan salah satu jenis iklan yang populer sejak dahulu.

Sebelumnya, iklan baris hanya ada di media cetak. Namun, seiring perkembangan teknologi, kamu sudah bisa menemui iklan baris di hampir seluruh media iklan.

Lantas, apa itu iklan baris dan seperti apa contoh iklan baris lowongan kerja yang baik? Berikut kami ulas untuk kamu.

Apa Itu Iklan Baris?

Iklan baris adalah iklan atau pesan pendek yang ada dalam suatu kolom. Umumnya, iklan baris ditemukan dalam media cetak seperti koran majalah. Namun, saat ini kamu juga bisa menemui iklan baris di internet.

Dalam bahasa inggris, iklan baris juga disebut classified text. Disebut demikian karena iklan baris biasanya muncul di kolom khusus / classified.

Ciri-ciri Iklan Baris

iklan lowongan kerja-kandidat
Photo by Florin Kozma on Unsplash

1. Berupa Tulisan atau Pesan Pendek

Kerap kali, iklan baris yang umum ditemui tersusun oleh tulisan atau pesan pendek dan tidak memiliki gambar, logo, atau warna tulisan tertentu.

Meski begitu, kamu juga bisa memesan iklan baris yang menyertakan logo atau memesan warna tulisan tertentu.

Namun, tentu saja, pesanan khusus seperti itu biasanya membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada iklan baris biasa.

2. Singkat, Tidak Bertele-tele dan Tidak Ambigu

Dalam membuat iklan baris, semakin banyak tulisan atau barisan yang kamu hasilkan, akan semakin besar pula biayanya. Umumnya, iklan baris terdiri dari tiga hingga empat baris.

Maka dari itu, untuk menyampaikan pesan dengan efektif dan menghemat biaya, banyak pengiklan menggunakan kata yang disingkat, serta tidak bertele-tele dan menggunakan kata yang bermakna ambigu.

3. Dikelompokkan Sesuai Jenis Iklan

Iklan baris memiliki banyak kegunaan dan tujuan. Selain menawarkan lowongan kerja, tidak jarang juga ada pengiklan yang menawarkan produk, jasa hingga ungkapan selamat dan duka cita.

Maka dari itu, pihak penyedia kolom biasanya mengelompokkan iklan sesuai dengan isi iklan. Selain agar lebih rapi, pencari iklan juga bisa lebih fokus dalam mencari hal yang dibutuhkan.

4. Ada Info Kontak

Mencantumkan info kontak dalam iklan baris merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Umumnya, pengiklan menyertakan info kontak untuk memberi kesempatan pembaca agar bisa menanyakan detail iklan dengan lebih leluasa.

Info kontak yang umum terpakai adalah nomor telepon, alamat email atau alamat website.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan Baris untuk Lowongan Kerja

iklan lowongan kerja-kandidat
Photo by Filip Mishevski on Unsplash

Berbagai alat marketing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai pertimbangan, berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan iklan baris.

1. Kelebihan Iklan Baris

Umumnya, iklan baris yang ada di media cetak akan lebih mengutamakan faktor lokasi. Artinya, kamu bisa mendapatkan kandidat yang lokasinya dekat dengan lokasi perusahaan kamu.

Iklan ini juga cocok sekali untuk calon kandidat yang tidak menggunakan internet. Dengan ini, kamu bisa mencari kandidat yang lebih spesifik.

Selain itu, kamu juga bisa lebih fleksibel dalam penggunaan kata-kata. Iklan baris pada umumnya menggunakan singkatan serta susunan yang padat dan to the point. Untuk menghemat budget iklan, kamu hanya perlu menyesuaikan tingkat kreativitasmu.

2. Kekurangan Iklan Baris

Iklan baris, terutama yang ada di media cetak memiliki jangkauan yang cukup terbatas. Ini karena pembaca media cetak saat ini sudah semakin berkurang.

Sementara itu, iklan baris di media internet kerap bersandingan dengan iklan display yang memiliki visual yang mencolok. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan teknik SEO.

Faktor lain yang perlu kamu jadikan pertimban adalah rentang waktu publikasi iklan baris yang cukup lama. Hal ini mungkin saja terjadi apabila kamu memasang iklan di media dengan tingkat pembaca atau pengunjung tinggi.

Selain itu, limitasi karakter yang ada pada iklan baris juga kerap menjadi kendala. Tentunya kamu ingin menjabarkan informasi sejelas mungkin. Namun, keterbatasan ruang membuat kamu tidak bisa beriklan dengan leluasa.

Apa yang Harus Ada dalam Iklan Baris Lowongan Kerja

Untuk memanfaatkan kolom iklan baris dengan lebih efektif, kamu wajib mengetahui hal-hal yang perlu ada di dalam iklan baris lowongan kerja.

Selain agar proses rekrutmen kamu lebih cepat, kamu juga bisa memiliki fleksibilitas dalam membuat iklan agar sesuai dengan budget kamu.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat iklan baris lowongan kerja.

1. Posisi atau Judul Pekerjaan

Hal pertama yang harus kamu tulis tentunya adalah judul pekerjaan alias posisi yang sedang lowong.

Agar lebih efisien, gunakan kata-kata sederhana yang sering digunakan dan hindari menggunakan judul pekerjaan yang tidak umum.

Misalnya saja, kamu bisa menulis ‘admin’ untuk mencari staff administrasi. Atau kamu bisa menuliskan ‘karyawati’ untuk mengganti kata ‘karyawan perempuan’.

2. Keahlian Khusus

Apabila kamu membutuhkan pelamar kerja yang memiliki keahlian atau sertifikasi khusus, kamu bisa mencantumkan dalam iklan baris.

Kamu bisa menuliskan software atau sertifikasi yang wajib dikuasai oleh si pelamar. Misalnya, sertifikasi TOEFL untuk jasa penerjemah, atau software AutoCAD untuk desainer grafis.

3. Kualifikasi Khusus

Poin selanjutnya adalah mencantumkan kualifikasi general yang kamu butuhkan. Hal ini kamu lakukan untuk semakin mengerucutkan pencarian kandidat pekerja.

Misalnya saja, kamu bisa menuliskan jenis kelamin, minimal atau maksimal usia, tingkat pendidikan, hingga minimal tahun pengalaman bekerja.

4. Kontak

Yang terakhir, sekaligus yang terpenting adalah mencantumkan kontak yang bisa dihubungi oleh kandidat pekerja.

Iklan baris merupakan iklan singkat yang mana kamu harus mengandalkan kreativitas dalam menulisnya. Bisa jadi terdapat informasi yang kurang jelas bagi calon kandidat.

Maka dari itu, kamu perlu menuliskan kontak yang bisa kandidat hubungi agar informasi bisa tersampaikan dengan lebih jelas.

Selain itu, kontak juga berfungsi sebagai alamat untuk mengajukan lamaran. Kamu bisa menggunakan nomor ponsel, whatsapp, media sosial, atau email untuk menerima lamaran pekerjaan.

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Untuk kamu yang hendak membuat iklan baris lowongan kerja, berikut adalah beberapa contoh iklan baris yang bisa kamu jadikan pedoman.

1. Cr:JasaTerjemahan,Ind-Ing,Max28th,Dom.Malang,PnyEmail,BisaWord,Hub WA:0812345678910

Singkatan:

Cr = Cari

Dom = Domisili

Pny = Punya

Hub = Hubungi

Iklan di atas menunjukkan bahwa pemasang iklan sedang mencari penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris berusia maksimal 28 tahun.

Pengiklan tidak memiliki syarat jenis kelamin, namun membutuhkan penerjemah yang memiliki email dan bisa mengoperasikan software Microsoft Word.

Apabila berminat, kandidat bisa menghubungi kontak whatsapp 0812345678910.

2. Bth u/Resto Sukarasa Dom.Malang: (1)Kasir,Wnt,Max25th,Min.SMA (2)Security,Lk2,Max30th,Min.SMA,T:0812345678910

Singkatan:

Bth = Butuh

Wnt = Wanita

Lk2 = Laki-laki

Min = Minimal

T = Telepon

Pada iklan tersebut, pengiklan menyatakan sedang membutuhkan pegawai untuk Restoran Sukarasa di Malang.

Pengiklan membutuhkan kasir wanita berusia maksimal 25 tahun serta security laki-laki berusia maksimal 30 tahun. Kedua posisi ini membutuhkan kandidat dengan latar pendidikan minimal SMA.

Untuk pendaftaran, kandidat bisa menghubungi telepon 0812345678910

3. BthCPT,Teknisi,MinSMA,PglmnMin2Thn,Lk2,Max.35Thn,Cikarang,KerjaShift,DtgLsg PT.Sukarasa,KwsIndstrJababeka/CV:ptsukarasa@gmail.com

Singkatan:

BthCPT = Butuh cepat

Pglmn = Pengalaman

DtgLsg = Datang langsung

KwsIndstr = Kawasan Industri

Di iklan baris ini, pengiklan membutuhkan teknisi untuk kebutuhan urgent. Kandidat harus memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA, memiliki pengalaman teknisi minimal dua tahun, berjenis kelamin laki-laki serta berusia maksimal 35 tahun.

Selain itu, kandidat juga harus bersedia bekerja di Cikarang dengan sistem kerja shift.

Untuk melamar pekerjaan ini, kandidat harus datang ke PT.Sukarasa yang ada di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang atau mengirim CV ke alamat email ptsukarasa@gmail.com.

4. URGENT Staf Jjur&TggJwb Bth Supir SIM B1 Max 35Thn Min.SMP, Teknisi Min.SMK Jur.Mesin/Listrik Max 28Thn, SPG Wnt Sistem Komisi Pnmpln Mnrik Min.SMA/K,.Minat Hub.0812345678910

Singkatan:

Jjur = Jujur

TggJwb = Tanggung jawab

Jur = Jurusan

Pnmpln Mnrk = Penampilan Menarik

SMA/K = SMA atau SMK

Pada iklan ini, pengiklan membutuhkan staff dengan cepat, serta mencari staff yang bersifat jujur dan memiliki tanggung jawab.

Staf yang pengiklan butuhkan adalah supir yang memiliki SIM B1, berusia maksimal 35 tahun serta memiliki latar pendidikan minimal SMP.

Selain itu, pengiklan juga membutuhkan teknisi dengan latar belakang minimal SMK dengan jurusan mesin atau listrik berusia maksimal 28 tahun.

Yang terakhir, pengiklan membutuhkan SPG wanita yang mau mendapat upah dengan sistem komisi, memiliki penampilan menarik serta memiliki latar belakang minimal SMA atau SMK.

5. BTHCPT PRT/ART Wnt Max 30 Tahun, Gaji UMR, Utk bersih2 & masak, Tggl di rumah, Tdk Bawa Klrg, Disediakan Kmr KM Dlm, Bkn Yysn, Minat Hub.0812345678910 Ibu Ike

Singkatan:

PRT/ART = Pembantu Rumah Tangga atau Asisten Rumah Tangga

Utk = Untuk

Tggl = Tinggal

Klrg = Keluarga

Kmr = Kamar

KM = Kamar mandi

Bkn = Bukan

Yysn = Yayasan

Di iklan ini, pengiklan yang bernama Ibu Ike membutuhkan pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga wanita berusia maksimal 30 tahun dengan cepat.

Ibu Ike menawarkan gaji UMR serta tugas kandidat, yaitu untuk bersih-bersih dan masak. Ibu Ike juga membutuhkan PRT yang tinggal di rumah dan tidak membawa keluarga.

Fasilitas yang Ibu Ike sediakan adalah kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Jika berminat, kandidat bisa menghubungi Ibu Ike di 0812345678910.

Pasang Iklan Lowongan Kerja Gratis dengan Mudah di KANDIDAT

Untuk kamu yang ingin memasang iklan lowongan kerja dengan lebih mudah, kamu bisa percayakan pada KANDIDAT.

KANDIDAT merupakan job portal yang dapat memudahkan kamu untuk bertemu dengan calon pekerja potensial yang memenuhi kualifikasi perusahaan kamu.

Selain gratis, KANDIDAT juga menyediakan fasilitas yang sangat memudahkan proses rekrutmen kamu, loh.

Kamu juga tidak perlu lagi menyisihkan waktu untuk melakukan verifikasi data, karena KANDIDAT menyediakan jasa verifikasi data di kantor-kantor KANDIDAT yang tersedia di berbagai kota.

Selain itu, KANDIDAT juga menyediakan fasilitas tes kemampuan dasar seperti kemampuan bahasa, kemampuan komputer, kesehatan mata, hingga psikotes.

Untuk pasang lowongan kerja di KANDIDAT, kamu bisa langsung unduh aplikasi KANDIDAT di Playstore (Android) atau App Store (iOS).

Agar tidak ketinggalan info terbaru, kamu bisa follow Instagram atau Facebook KANDIDAT.

Kesimpulan

Iklan baris merupakan salah satu metode yang umum digunakan untuk mengumumkan iklan lowongan kerja. Selain memiliki biaya yang relatif murah, kamu juga bisa menyesuaikan isi iklan dengan lebih fleksibel.

Untuk opsi yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan job portal seperti KANDIDAT untuk pasang iklan lowongan kerja.

Tidak hanya gratis, KANDIDAT juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa memangkas waktu dan membuat proses rekrutmen menjadi lebih efektif.

Dengan KANDIDAT, kamu jadi tidak perlu lagi khawatir memikirkan biaya iklan. Ayo, pasang iklan lowongan kerja kamu di KANDIDAT sekarang juga.

Baca Juga: Cara Menulis Iklan Lowongan yang Baik

1. Bagaimana Ciri-ciri Iklan Baris ?

Beberapa ciri iklan baris ada 4 yaitu,
1. Berupa Tulisan atau Pesan Pendek
2. Singkat, Tidak Bertele-tele dan Tidak Ambigu
3. Dikelompokkan Sesuai Jenis Iklan
4. Ada Info Kontak

2. Apa yang Harus Ada dalam Iklan Baris Lowongan Kerja ?

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat iklan baris lowongan kerja:
1. Posisi atau Judul Pekerjaan
2. Keahlian Khusus
3. Kualifikasi Khusus
4 . Kontak

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Iklan Baris untuk Lowongan Kerja ?

Berikut adalah Kelebihannya yaitu, iklan baris yang ada di media cetak akan lebih mengutamakan faktor lokasi. Artinya, kamu bisa mendapatkan kandidat yang lokasinya dekat dengan lokasi perusahaan kamu.Iklan ini juga cocok sekali untuk calon kandidat yang tidak menggunakan internet. Dengan ini, kamu bisa mencari kandidat yang lebih spesifik.
Sedangkan kekurangannya adalah iklan baris, terutama yang ada di media cetak memiliki jangkauan yang cukup terbatas. Ini karena pembaca media cetak saat ini sudah semakin berkurang. Sementara itu, iklan baris di media internet kerap bersandingan dengan iklan display yang memiliki visual yang mencolok. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan teknik SEO. Faktor lain yang perlu kamu jadikan pertimban adalah rentang waktu publikasi iklan baris yang cukup lama. Hal ini mungkin saja terjadi apabila kamu memasang iklan di media dengan tingkat pembaca atau pengunjung tinggi


editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.